HUT Bhayangkara di Monas, Arus Lalin ke Jl Medan Merdeka Utara Dialihkan

HUT Bhayangkara di Monas, Arus Lalin ke Jl Medan Merdeka Utara Dialihkan

Foto: Ilustrasi oleh Mindra Purnomo

Jakarta – Perayaan HUT Bhayangkara ke-78 digelar ke Monas, Jakarta Pusat, sampai malam ini. Malam ini, polisi mengalihkan arus kendaraan ke Jl Medan Merdeka Utara dialihkan ke Jl Perwira.

“21.05 Polri Sat Lantas Jakarta Pusat melakukan pengalihan sementara untuk arus kendaraan dari arah Jl. Medan Merdeka Timur / Tugu Tani yang menuju Jl. Medan Merdeka Utara dialihkan ke arah Jl. Perwira,” demikian postingan media sosial X @TMCPoldaMetro, Senin (1/7/2024).

Diketahui, sekitar pukul 19.30 WIB lalu, acara HUT Bhayangkara tengah mengadakan nonton bareng Kolosal Budaya Hari Bhayangkara ke-78 di Lapangan Monas, Jakarta Pusat. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto ikut menonton dan duduk bersampingan.

Sebelumnya, puncak perayaan HUT ke-78 Bhayangkara digelar sore ini di Monas, Jakarta Pusat. Presiden Joko Widodo menghadiri acara tersebut.

Pantauan di Monas, Jakpus, Senin (1/7), sebelum upacara dimulai, tampak komandan merapikan barisan pasukan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjadi inspektur upacara HUT Bhayangkara.

Jokowi tiba di lokasi bersama Ibu Negara Iriana Jokowi. Hadir pula Wapres Ma’ruf Amin bersama istri Wury Ma’ruf Amin.

Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf memasuki area upacara didampingi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto juga hadir mendampingi.

Kios-kios Puncak Telah Dibongkar, Wisatawan Tetap Asyik Nongkrong

Kios-kios Puncak Telah Dibongkar, Wisatawan Tetap Asyik Nongkrong

Foto: Suasana di Puncak Bogor usai penertiban kios liar.
Foto: Suasana di Puncak Bogor usai penertiban kios liar.

Bogor – Lapak-lapak di pinggir jalan menuju Puncak telah dibongkar. Namun wisatawan tetap ramai di tepi jalan, nongkrong nikmati pemandangan.

Pantauan di lokasi, Minggu (30/6/2024), lapak-lapak pedagang yang sebelumnya memenuhi sepanjang Jl Raya Puncak, Bogor kini rata dengan tanah. Bangunan warung yang rata-rata dibuat menggunakan bambu dan kayu kini nyaris tak tersisa.

Di beberapa titik, lapak-lapak bekas warung dipasangi kawat berduri agar lahan tak lagi digunakan untuk berdagang atau parkir. Di balik kawat, tampak lahan kosong bekas warung.

Meski demikian, masih banyak wisatawan yang berdatangan dan berhenti di titik bekas lapak pedagang. Mereka memarkir motornya dan bersantai di pinggir jalan.

Kondisi ini tetap menjadi ladang usaha bagi sebagian warga. Mereka berkeliling menjual makanan dan minuman menggunakan ember dan alat angkut lainnya.

Suasana di Puncak Bogor usai penertiban kios liar. 
Suasana di Puncak Bogor usai penertiban kios liar.

Wisatawan asal Serpong, Tangerang Selatan bernama Rudiana mengaku sudah tahu lapak pedagang di kawasan Puncak dibongkar petugas.

“Iya, sudah tahu (lapak dibongkar). Justru ini penasaran aja, mau lihat warung langganan, ternyata iya udah hilang ini warungnya,” kata Rudiana ditemui di kawasan Riung Gunung, Puncak, Bogor.

Rudiana mengaku tak kaget ada penertiban warung di kawasan Puncak, Bogor. Dia setuju jika ada penataan di kawasan Puncak, namun berharap ada lokasi-lokasi tertentu untuk tempat beristirahat atau tempat bersantai, selain rest area Gunung Mas.

“Ya kita ke sini kan bukan cuma sekedar mau ngopi ya, tapi juga buat lihat pemandangan. Kalau di rest area kan ngga ada pemandangan,” kata Rudiana.

Cuan Cuan Cuan, Penghasilan Pedagang Ancol Ikut Meningkat di Libur Sekolah

Cuan Cuan Cuan, Penghasilan Pedagang Ancol Ikut Meningkat di Libur Sekolah

Foto: Pedagang di Ancol cuan
Foto: Pedagang di Ancol cuan

Jakarta – Untuk mengisi waktu libur sekolah, masyarakat Jakarta dan sekitarnya banyak yang memilih Ancol sebagai destinasi liburan. Para pedagang pun kebanjiran cuan!
Lokasi yang tak terlalu jauh dan banyak pilihan rekreasi jadi faktor mengapa Ancol masih jadi favorit. Meningkatnya pengunjung, tentu membawa angin segar bagi para pedagang yang berjualan di area pantai.

Salah satu pedagang yang mendapatkan kenikmatan itu adalah Suyadi. Sudah lama ia berjualan mainan di kawasan pantai Ancol. Bahkan, ia menyebut telah berjualan sejak tahun 1997.

Sedari dulu pula, ia tekun berjualan mainan. Di libur sekolah seperti saat ini, penghasilan per harinya bisa menyentuh satu juta rupiah, terkhusus weekend dan pengunjungnya begitu ramai.

“Ada perbedaan sih, perbedaannya soal rame tapi kalau dari penghasilan kadang nggak tentu juga. Untuk sekarang lumayan lah, tapi gak tentu juga sih kadang dapat lima ratus kadang juga satu juta,” papar Suyadi kepada detikTravel, Sabtu (29/6/2024).

Musim Libur Sekolah, Pedagang di Ancol Cuan
Musim Libur Sekolah, Pedagang di Ancol Cuan

Jika di hari biasa dan bukan di momen libur sekolah, penghasilan yang biasa ia kantongi berkisar di angka Rp 200.000. Serupa dengan Suyadi, Abdul yang menyediakan jasa penyewaan tikar, secara penghasilan di libur sekolah ini ikut meningkat.

Dirinya mengatakan di libur sekolah penghasilan dalam seharinya bisa mencapai Rp 200.000, Abdul biasa menawarkan sewa tikar ini kepada pengunjung yang ingin bermain di pantai dan tidak membawa alas untuk duduk, atau pun sebagai tambahan alas jika pengunjung kekurangan.

Harga sewa tikar bambu itu dibanderol Rp 25.000 dan tidak ada batasan waktu, jadi dalam sekali sewa pengunjung dapat menggunakannya seharian.

“Beda kalau hari biasa mah sepi ya kalau hari-hari (libur) begini rame. Paling libur gini dapet dua ratus, kalau hari biasa mah cepean,” kata Abdul sembari menjajakan tikarnya.

Sedari pagi Pantai Lagoon Ancol ini dipadati oleh para pengunjung yang membawa keluarganya, walaupun cuaca tak menentu di hari itu mereka dengan antusias menikmati suasana pantai.

Musim Libur Sekolah, Pedagang di Ancol Cuan Foto: Muhammad Lugas Pribady/detikTravel
Ketika hujan turun pun tak membuat kesenangan mereka luntur. bahkan ada beberapa pengunjung yang tak berpindah walaupun dibasahi hujan.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini seperti bermain air, bermain pasir, duduk santai hingga mengelilingi Ancol menggunakan perahu. Dan yang tak boleh dilupakan di momen liburan bersama keluarga adalah makan bersama.

Rida beserta keluarganya tengah lahap menyantap hidangan yang telah ia bawa dari rumah. Ia memboyong keluarganya dari Tangerang untuk menikmati libur sekolah di Ancol ini.

“Ini buat menghemat uang juga jadi bawa makan dari rumah, terus kalau mau nambah juga kan tinggal nambah. Iya ini saya sekeluarga dari Tangerang pengen ke sini karena anak saya juga suka kalau di ajak ke sini,” katanya.

Hingga matahari terbenam, suasana pantai masih saja ramai. Bahkan ada beberapa pengunjung yang baru datang. Ancol memang banyak jadi pilihan liburan sekolah.

Tinggal pilih destinasi mana yang akan dituju, karena dalam satu kawasan yang luas ini, terdapat banyak tempat yang bisa dijadikan tempat liburan.

Kapolri Ungkap Makna Doa Bersama Lintas Agama Jelang Hari ke-78 Bhayangkara

Kapolri Ungkap Makna Doa Bersama Lintas Agama Jelang Hari ke-78 Bhayangkara

Foto: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dalam acara Doa Bersama Lintas Agama menyambut Hari ke-78 Bhayangkara, Jumat (28/6/2024). (dok. Polri)
Foto: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dalam acara Doa Bersama Lintas Agama menyambut Hari ke-78 Bhayangkara, Jumat (28/6/2024). (dok. Polri)

Jakarta – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menggelar kegiatan doa bersama lintas agama dalam rangka perayaan Hari Bhayangkara ke-78. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berharap institusi yang kini dipimpinnya semakin baik ke depan dan mampu berkontribusi dalam mewujudkan cita-cita Indonesia Emas.

“Hari ini kita melaksanakan kegiatan doa lintas agama. Maksud dan tujuan dari kegiatan ini, tentunya di usia yang ke-78 ini kita memanjatkan doa bersama agar kami semua, institusi Polri dan tentu juga jajaran keluarga besar Polri di usia yang ke-78 ini menghadapi berbagai macam tatangan tugas ke depan,” kata Jenderal Sigit usai doa bersama lintas agama di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jakarta Selatan pada Kamis (28/6/2024) malam.

Jenderal Sigit mengakui masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki Korps Bhayangkara dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Melalui doa bersama itu, dia berharap ke depannya Polri dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan lebih baik.

“Tentunya kita ingin bahwa seluruh tugas yang kita laksanakan bisa berjalan dengan aman, dengan lancar, dan dengan baik. Khususnya di dalam melaksanakan tugas pokok kami, baik di bidang harkamtibmas, di bidang penegakan hukum, di bidang pelayanan, pelindungan, dan pengayoman kepada masyarakat,” harap Sigit.

Dia menekankan harapan agar Polri dan jajarannya dapat melayani masyarakat dengan lebih baik lagi. Dia menegaskan tentang harapan masyarakat pada Polri.

“Karena itu tentunya kita memanjatkan doa hari ini bahwa ke depan kita harapkan bisa menjadi lebih baik di dalam melayani, melaksanakan apa yang menjadi harapan masyarakat dan tentunya kita berdoa agar kita semua bisa menjaga, mengawal, mengantarkan Indonesia ini menuju Indonesia Emas di tahun 2045,” tutur Jenderal Sigit.

Adapun dalam acara itu turut dihadiri perwakilan pemuka agama dari Buddha, Hindu, Kristen, Katolik, dan Islam. Doa bersama lintas agama juga diikuti kurang lebih 3.000 orang yang terdiri dari personel Polri, TNI serta tokoh-tokoh masyarakat.

Nampak hadir dalam acara Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI Jusuf Kalla, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Iskandar, Ketua Bawaslu Rahmat Bagja hingga sejumlah pejabat utama (PJU) Mabes Polri.

Di sisi lain, Kepala Biro Pengendalian Personel (Karo Dalpers) SSDM Polri, Brigjen Nurworo Danang, mengatakan doa bersama ini dapat membuktikan eratnya persatuan dan kesatuan Indonesia.

“Doa bersama lintas agama ini mencerminkan eratnya persatuan dan kesatuan antarumat bergama yang dilandasi oleh nilai-nilai toleransi,” katanya.

Sebagai informasi, Hari Bhayangkara ke-78 diperingati pada 1 Juli mendatang. Puncak acara ulang tahun Koprs Bhayangkara itu bakal digelar bersama masyakart di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Warung Kopi di Puncak Dibongkar, Netizen: Mau Kasihan Tapi…

Warung Kopi di Puncak Dibongkar, Netizen: Mau Kasihan Tapi…

Ratusan lapak pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang jalan Raya Puncak Bogor di Bongkar
Ratusan lapak pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang jalan Raya Puncak Bogor di Bongkar

Jakarta – Ratusan lapak pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang jalan Raya Puncak Bogor, Jawa Barat, telah dibongkar dan digusur oleh petugas Satpol PP. Aksi ini tentu diwarnai penolakan dan bentrok terhadap pemilik lapak dengan petugas keamanan.

Hal ini dilakukan karena bangunan tersebut tidak memiliki izinnya.

Warung lapak di Puncak ini biasanya menjadi tempat favorit bagi wisatawan untuk sekedar menikmati kopi hingga menyantap makanan seperti mie instant, ataupun pisang bakar dengan pemandangan alam dan suhu udara dingin di puncak.

Video-video terkait pembongkaran warung di Puncak pun viral di linimasa media sosial dari Tiktok, Instagram hingga X (dulu Twitter). Menariknya, dipantau detiKINET rata-rata komentar dari netizen mendukung aksi pembongkaran tersebut.

Kebanyakan mengeluhkan harga yang dipatok tidak masuk akal karena mahal. Tak hanya itu, banyak netizen juga setuju agar jalanan Puncak seperti dulu yang rapi dan tertata.

Diketahui area rest Area Gunung Mas akan menjadi tempat relokasi para pedagang kaki lima (PKL) yang berada di pinggir jalan Puncak

“Mau sedih tapi mereka enak banget jualan gratis ga perlu bayar sewa mana harga makanan muahal, tulis @lovaxxx di akun TikTok

“Gak sedih soalnya bayar parkir 50K indomie 25 air meniral kecil 10k,” tulis @perwiwxxx di akun TikTok.

“Mau sedih tapi bayar parkir 50 rb” tulis @ipraxxx di akun TikTok

“Mau kasihan tapi diperes me rebut telor doang 45k es teh 15k” tulis akun @dsfajdf di akun TikTok.

“EH MAU SETUJUU, pas sma sama temen berdua nemenin dia galau ke puncak. cuma makan indomie sama teh manis anget kena 80 ribu grgr kita pake baleno,” tulis akun @camvigixxx di akun X.

“Gw ga ngerti ngapain org2 makan mie+ teh di warung pinggiran bayar mahal padahal kalau dia ke resto beneran bisa dpt hrg sama, pelayanan bagus parkir disediain, kenapa sih? Resto puncak byk yg masuk akal hrgnya loh,” tulis akun @keyxxx di akun X.

“Belinya harus pake bahasa sunda biar gak digetok harga. Atau kalo mau cari aman ya cari warung yg berani nulis harga dulu ada kok, cuma udah 8 tahun lebih gak ke puncak jd gak tau masih ada warung jujur yg nulis harga atau engga. Tp udah keburu digusur sih,” tulis @madefoxxx di akun X

“warung yg puncak pada digusurin wkwk lagian indomie harganya gk ngotak jg,” tulis @xramaraxxx di akun X.

“Yg penting mah ada penerangan jalan sih. Soalnya bakalan rawan bet klo peneranganya kureng. Kebayang se sunyi apa kalo lewat puncak malem2 tanpa liat warung kaya gini lagi,” tulis @Yaawxxx di akun X.

2 Raksasa Eropa Cabut dari Proyek Nikel Rp 42 T di RI, BKPM Buka Suara

2 Raksasa Eropa Cabut dari Proyek Nikel Rp 42 T di RI, BKPM Buka Suara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan tiga pemimpin perusahaan Eropa di Hotel Kastens Luisenhoff, Hannover, Jerman/Foto: Dok. BPMI Setpres
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan tiga pemimpin perusahaan Eropa di Hotel Kastens Luisenhoff, Hannover, Jerman/Foto: Dok. BPMI Setpres

Jakarta – Perusahaan kimia terkemuka di Jerman, BASF membatalkan rencana investasi pemurnian nikel-kobalt pada proyek Sonic Bay di Maluku Utara. Tak hanya BASF, perusahaan tambang asal Prancis, Eramet, juga mundur dari proyek tersebut.

Merespons itu, Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menegaskan keputusan tersebut telah diketahui oleh Pemerintah Indonesia. Langkah BASF dan Eramet juga tidak menurunkan minat investor asing untuk menanamkan modalnya pada sektor hilirisasi di Indonesia.

Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM Nurul Ichwan menyampaikan, BASF dan Eramet yang telah memiliki legalitas usaha atas nama PT Eramet Halmahera Nikel (PT EHN) untuk mengembangkan proyek Sonic Bay.

Nilai investasinya ditaksir mencapai US$ 2,6 miliar atau sekitar Rp 42,64 triliun (kurs Rp 16.400) di Kawasan Industri Teluk Weda, Maluku Utara.

Proyek ini berupa pembangunan pabrik pemurnian nikel dengan teknologi High Pressure Acid Leach (HPAL) yang menghasilkan Mixed Hydroxide Precipitates (MHP). Nurul menjelaskan keputusan tersebut diperoleh setelah melakukan berbagai evaluasi.

“Kami dari awal terus mengawal rencana investasi ini. Namun pada perjalanannya, perusahaan beralih fokus, sehingga pada akhirnya mengeluarkan keputusan bisnis membatalkan rencana investasi proyek Sonic Bay ini,” ujar Nurul dalam keterangan tertulis, Kamis (27/6/2024).

Berdasarkan rilis perusahaan, keputusan BASF dan Eramet untuk tidak meneruskan rencana investasi didasarkan pada pertimbangan akan perubahan kondisi pasar nikel yang signifikan, khususnya pada pilihan nikel yang menjadi suplai bahan baku baterai kendaraan listrik. Sehingga, BASF memutuskan bahwa tidak ada lagi kebutuhan untuk melakukan investasi suplai material baterai kendaraan listrik.

“Kami melihat hilirisasi untuk ekosistem baterai kendaraan listrik masih sangat potensial untuk dikembangkan di Indonesia. Apalagi, baru-baru saja Indonesia mendapat peringkat 27 pada World Competitiveness Ranking (WCR) 2024. Top 3 terbaik di wilayah ASEAN,” imbuh Nurul.

Menurunnya minat investor asing di sektor hilirisasi tetap tinggi dan bahkan beberapa proyek investasi di sektor tersebut telah mencapai tahap realisasi. Sebagai contoh, proyek smelter tembaga terbesar di dunia milik PT Freeport Indonesia di Gresik, Jawa Timur resmi beroperasi mulai 27 Juni 2024.

Bukti nyata lainnya, kata dia, produksi massal baterai kendaraan listrik pertama di Indonesia akan dimulai oleh PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power di Karawang, Jawa Barat pada Juli 2024 dan akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Hacker Minta Tebusan Rp 131 M, Menkominfo: Pemerintah Tidak Akan Bayar!

Hacker Minta Tebusan Rp 131 M, Menkominfo: Pemerintah Tidak Akan Bayar!

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Jumat (19/4/2024). (CNBC Indonesia/Faisal Rahman) Foto: Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Jumat (19/4/2024). (CNBC Indonesia/Faisal Rahman)
Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Jumat (19/4/2024). 

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Jumat (19/4/2024). (CNBC Indonesia/Faisal Rahman)

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Jumat (19/4/2024).Jakarta, Indonesia – Pemerintah RI tidak akan menuruti permintaan tebusan dari penjahat siber yang menyerang Pusat Data Nasional sementara. Pelaku serangan siber di PDN sementara diketahui meminta bayaran US$ 8 juta (Rp 131 miliar).

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyatakan sikap tegas pemerintah dalam menghadapi serangan siber di PDN.

Dia menjelaskan bahwa insiden serangan siber di PDN sedang diselidiki. Hasil penyelidikan sudah mengetahui malware yang digunakan oleh penjahat siber.

Pelaku serangan siber juga meminta uang tebusan US$ 8 juta untuk membuka enkripsi yang disandera.

“Ditunggu saja. Nanti ini sedang diurus sama tim. Yang jelas, pemerintah tidak akan bayar,” kata Menkominfo, Senin (24/6/2024).

Data Center yang diserang adalah Pusat Dana Nasional Sementara (PDNS) yang digunakan sambil menunggu Pusat Data Nasional permanen yang masih dalam proses pembangunan.

PDNS terletak di dua lokasi, yaitu Jakarta dan Surabaya dan dikelola oleh Telkom Sigma. Serangan terjadi pada PDNS yang berlokasi di Surabaya.

“Jadi karena kebutuhan untuk proses bisnis, proses jalannya pemerintahan, maka dibuatlah oleh Kominfo, pusat data sementara, yang ada di Jakarta maupun yang ada di Surabaya,”

Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo Samuel Pangerapan membeberkan dampak serangan tersebut. Sebanyak 210 instansi terdampak, baik dari pusat maupun daerah.

Baca Juga : Serangan Ransomware Terbesar di Indonesia Selama 2024

Adapun pelayanan instansi yang menggunakan data PDN berangsur pulih. Instansi yang terdampak telah merelokasi data mereka di PDNS.

“Dari data terdampak 210 instansi dari, baik pusat maupun daerah. Yang sudah up itu tadi imigrasi melakukan relokasi menyalakan layanannya,” ujar Semuel.

“LKPP SIKaP sudah on, Marves punya layanan perizinan event sudah on, kota Kediri sudah on, yang lain dalam progres,” imbuhnya.

Serangan Ransomware Terbesar di Indonesia Selama 2024

Serangan Ransomware Terbesar di Indonesia Selama 2024

Praktisi sekuriti komputer sejak tahun 2000. Pengamat finansial, pengusaha dan mantan bankir. Dosen tidak tetap di Prasetiya Mulya Business School.
Praktisi sekuriti komputer sejak tahun 2000. Pengamat finansial, pengusaha dan mantan bankir. Dosen tidak tetap di Prasetiya Mulya Business School.

Jakarta – Ransomware secara de facto menjadi malware yang paling ditakuti oleh pengguna komputer dan pengelola data saat ini. Dalam menjalankan aksinya, ransomware dapat menambahkan aksinya menjadi extortionware. Jika ransomware beraksi dengan mengenkripsi data dan sistem yang diserangnya, maka extortionware adalah ancaman menyebarkan data yang berhasil dicuri jika korbannya menolak membayar uang tebusan yang diminta.

Serangan ransomware Brain Cipher yang merupakan turunan Lockbit pada Pusat Data Nasional (PDN) pada bulan Juni 2024 melumpuhkan layanan pemerintah yang memanfaatkan sistem dan data yang dikelola di PDN.

Salah satu layanan kritis yang terganggu adalah layanan imigrasi yang menjadi pintu gerbang Indonesia dan mencoreng muka Indonesia karena layanan keimigrasian yang mengakibatkan antrian panjang karena sistem imigrasi yang tadinya dilakukan secara elektronik harus dilakukan secara manual.

Lalu institusi apa saja yang menjadi korban serangan ransomware pada tahun 2024 ini?

Sampai pertengahan tahun 2024, sudah ada 10 institusi besar yang menjadi korban ransomware, baik dari institusi swasta maupun pemerintahan dari berbagai industri seperti logistik, logistik makanan, shopping center, consumer finance, bank, finance services, IT Services, transportasi dan pialang saham.

Parahnya lagi ada salah satu institusi keuangan Tbk yang sampai dua kali menjadi korban ransomware yang berbeda pada saat yang berbeda dimana pada Juli 2023 bank tersebut menjadi korban ransomware dengan total data yang berhasil dicuri dan dienkripsi sebanyak 450 GB oleh Ransomhouse.

Ransomware Indonesia
Bank yang menjadi korban serangan ransomware dua kali dalam kurun waktu 12 bulan Foto: Dok. Vaksincom

Data sebanyak 450 GB yang mengandung banyak informasi sensitif seperti data detail nasabah, fasilitas kredit yang didapatkan dan data sensitif lainnya disebarkan oleh Ransomhouse dan dilihat sebanyak 43.126 kali.

Hal tersebut rupanya tidak menjadikan bank tersebut menjadi lebih berhati-hati, terbukti pada awal April 2024 bank tersebut kembali menjadi korban ransomware Medusa dengan data yang berhasil dicuri dan dienkripsi sebanyak 108 GB.

Kasus ransomware yang paling anyar bukan dialami oleh PDN melainkan dialami oleh salah satu perusahaan logistik Indonesia yang menjadi korban dari ransomware Darkvault pada tanggal 21 Juni 2024 dimana Darkvault memberikan deadline beberapa hari kepada korbannya untuk membayar uang tebusan dan jika tidak dilakukan maka data yang berhasil diunduh akan dibagikan oleh Darkvault secara gratis.

Selain Darkvault, ransomware dengan nama Ransomhub berhasil menyerang lembaga pemerintah yang bergerak di bidang consumer finance yang bergerak dalam pembiayaan usaha kecil dan menengah di bawah naungan Kementerian Koperasi pada Mei 2024. Adapun data yang bocor dan berhasil dicuri dan disebarkan oleh Ransomhub berjumlah lebih dari 15 TB.

Ransomware Indonesia
Data sebanyak 15 TB berhasil dicuri dari lembaga keuangan dibawah naungan Kementerian Koperasi Foto: Dok. Vaksincom

Kemudian di awal Mei 2024, pengelola shopping center terkenal di Indonesia turut menjadi korban ransomware, kali ini dilakukan oleh Lockbit 3 yang memang spesialis mengincar institusi besar dan lembaga pemerintah yang tidak melindungi datanya dengan baik.

Diikuti oleh satu BUMN dibawah naungan Departemen Keuangan yang didirikan pada tahun 2009 menjalankan perannya dalam pembiayaan & investasi, layanan konsultasi dan pengembangan proyek pada bulan Maret 2024 menjadi korban ransomware Qilin. Lebih dari 13 GB data internal perusahaan yang sensitif dibagikan oleh Qilin dan dapat diunduh pada situs yang dipersiapkan oleh ransomware Qilin untuk mempermalukan korbannya.

Ransomware Indonesia
BUMN dibawah naungan Departemen Keuangan menjadi korban ransomware Qilin Foto: Dok. Vaksincom

Selain institusi yang disebutkan di atas, institusi Indonesia lain yang menjadi korban ransomware juga bergerak dalam bidang IT Services (pengarsipan), pialang saham, airline dan transportasi.

Untuk daftar ransomware group yang menyerang Indonesia dan korbannya dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

Ransomware Indonesia
Daftar Ransomware dan korbannya tahun 2024 Foto: Dok. Vaksincom

Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai informasi ini, Vaksincom mengadakan seminar singkat pada 2 Juli 2024 di Aming Kopitiam Stasiun Kereta Juanda, Jakarta Pusat yang akan memberikan insight dan bagaimana melindungi sistem komputer anda dan mengembalikan data anda yang dienkripsi ransomware sekalipun anda tidak melakukan backup.

INFO: ASN Gemar Judi Online Siap-siap Dihukum!

INFO: ASN Gemar Judi Online Siap-siap Dihukum!

Jakarta – Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) melaporkan perputaran uang judi online hingga triwulan I-2024 tembus Rp 600 triliun, dan jumlah pemainnya sekitar 3 juta orang.

Merespons fakta tersebut, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas pun buka suara.

“Saya belum tahu seberapa banyak (ASN yang terlibat). Tetapi menurut saya, penanganan oleh Polri sudah bagus tinggal ditangani secara komprehensif,” kata Anas, ditemui di Sheraton Grand Jakarta, Senin (24/6/2024).

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Biro Data, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Mohammad Averrouce mengatakan melalui Kedeputian SDM dan Aparatur terus melakukan tindak pendisiplinan ASN untuk mencegah makin meluasnya judi online.

“Judi online tentunya kalau kita lihat proses penegakan disiplin yang kita terus lakukan. Dalam core value berAKHLAK, salah satunya adalah dalam kaitan dengan keakuntabilitas dalam proses sebagai pelaksanaan tugas. Saya kira kita akan dorong terus,” kata pria yang akrab disapa Ave ini.

Ave mengatakan, apabila ditemukan adanya ASN yang bermain judi online, pihaknya akan melakukan penegakan disiplin sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 94 tahun 2021 tentang disiplin PNS.

“Tentunya akan kita dorong untuk melakukan penegakan disiplin sesuai dengan PP 94/2021 tentang disiplin PNS. Dan itu nanti kan ada prosesnya. Dia hukuman disiplin ringan, sedang atau berat. Saya kira itu nanti prosesnya masih panjang,” ujarnya.

Ave menambahkan, apabila terbukti ada ASN melakukan kesalahan hingga ditangkap, proses oleh aparat penegak hukum (APH) akan tetap terus berjalan paralel dengan tindak disiplin yang diterapkan KemenPAN-RB.

“Jadi itu bisa nanti masuk juga ke ranah pidana gitu ya. Nanti proses hukum bisa, sidang kode etik yang disini tetap jalan. Jadi tetap barengan. Kita berharap prosesnya bisa berjalan. Kalau memang terbukti, ya lakukanlah penegakan disiplinnya. Kemudian juga nanti kepolisian dan penegak hukum tentunya melakukan dalam kaitan dengan pidana,” jelasnya.

Namun demikian, pihaknya tetap perlu memproses kembali data-data dari PPATK terkait temuan judi online di lingkup ASN. Pasalnya, indikasi judi online ini belum dapat dipastikan secara tepat. Seiring dengan itu, proses sosialisasi pun terus digencarkan dikalangan ASN demi mencegah peluasannya.

Sementara dikutip dari PP 94/2021, tertulis di dalam Bab III tentang Hukuman Disiplin, PNS yang tidak menaati ketentuan akan dijatuhi hukuman disiplin. Tingkat dan jenis hukuman tersebut terbagi ke dalam tiga jenjang, antara lain hukuman disiplin ringan, sedang, dan berat.

Dalam Pasal 8 Ayat 2 disebutkan, Jenis Hukuman Disiplin ringan terdiri atas: (a) teguran lisan; (b) teguran tertulis; atau (c) pernyataan tidak puas secara tertulis.

Kemudian pada Pasal 8 Ayat 3 disebutkan, Jenis Hukuman Disiplin sedang terdiri atas: (a) pemotongan tunjangan kinerja sebesar 25o% selama 6 bulan; (b) pemotongan tunjangan kinerja sebesar 25% selama 9 bulan; atau (c) pemotongan tunjangan kinerja sebesar 25% selama 12 bulan.

Terakhir, dalam Pasal 8 Ayat 4 disebutkan, Jenis Hukuman Disiplin berat terdiri atas: (a) Penurunan jabatan setingkat lebih rendah selama 12 bulan; (b) pembebasan dari jabatannya menjadi jabatan pelaksana selama 12 bulan; dan (c) pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai PNS.

Sebagai tambahan informasi, beberapa waktu belakangan muncul kasus-kasus penangkapan ASN akibat terjerat judi online. Salah satunya yakni PNS di salah satu sekolah dasar di Kecamatan Tugu, Trenggalek. Ia ditangkap beserta barang bukti ponsel yang digunakan untuk bermain judi online. Selain itu, polisi juga menyita buku rekening bank milik tersangka.

“Tersangka statusnya adalah PNS. Yang berangkutan mengakses judi online melalui situs dewajuditual.lol dan amdazbet.com,” kata Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, Jumat (21/6/2024), dikutip dari detikJatim.

Kondisi Terkini Virgoun Versi Polisi Usai Ditangkap Akibat Kasus Narkoba: Awalnya Takut, Sekarang Tenang

Kondisi Terkini Virgoun Versi Polisi Usai Ditangkap Akibat Kasus Narkoba: Awalnya Takut, Sekarang Tenang

Kasat Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Indrawienny Panjiyoga menjelaskan kondisi terkini Virgoun setelah ditangkap akibat kasus narkoba.

Beritamega4d.com, Jakarta Kasat Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Indrawienny Panjiyoga, akhirnya buka suara soal kondisi Virgoun yang ditangkap polisi di kawasan Ampera, Jakarta, terkait dugaan kasus narkoba dengan barang bukti sabu.

Ia menyebut Virgoun mulanya ketakutan saat digerebek bersama cewek berinisial PA. Tampaknya, pelantun “Surat Cinta untuk Starla” syok karena polisi datang dan menggeledah kos-kosannya.

“Enggak (stres), sekarang sudah tenang. Awalnya memang orang (Virgoun) juga takut ya, sekarang sudah tenang. Sekarang komunikatif,” Indrawienny Panjiyoga menjelaskan kepada awak media.

Ia memastikan Virgoun dan PA dalam keadaan sehat usai diperiksa di Polres Metro Jakarta Barat. Sejumlah foto yang beredar di kalangan jurnalis memperlihatkan Virgoun bermasker hijau tertunduk lesu setelah menjalani pemeriksaan kesehatan.

Dalam Kondisi Sehat

Jurnalis Liputan6.com Jonathan Pandapotan Purba melansir dari Antara, Sabtu (22/6/2024), mengabarkan, Virgoun dan PA telah menjalani tes urine lalu dinyatakan positif narkoba jenis sabu-sabu.

“Sampai saat ini kondisi kesehatan dari saudara VTP dan saudari PA sehat, di mana kemarin juga sudah kami lakukan tes kesehatan terhadap kedua orang tersebut,” ujar Indrawienny Panjiyoga.

2 Kali Tes Urine Tetap Positif

Virgoun dan PA disebut dua kali menjalani tes urine. Hasilnya tetap positif. “Dan kedua orang tersebut dinyatakan sehat dan hasil tes urinenya dinyatakan positif menggunakan narkotika jenis sabu,” ia menyambung.

Indrawienny Panjiyoga menjelaskan, pihaknya kini memburu pemasok narkoba untuk Virgoun dan PA. Identitas pemasok telah dikantongi polisi dan diharapkan dalam waktu dekat dapat diamankan aparat.

Berharap Virgoun Beroleh Keringanan

Terpisah, ibunda Virgoun, Eva Manurung dan kakaknya, Febby Carol, berharap sang musisi dapat direhabilitasi. Pihak keluarga mengklaim Virgoun adalah korban kasus narkoba.

“Adik saya kan korban,” cetusnya. “(Kami harap) untuk direhab, untuk diobati supaya normal kembali dan bisa beraktivitas dengan baik. Semoga nanti bisa dapat keringanan,” Febby Carol mengakhiri.